4 Tips jitu menggapai masa depan yang cerah.

4 Tips jitu menggapai masa depan yang cerah.
Memiliki masa depan yang cerah adalah cita-cita setiap orang, namun tidak semua orang tahun bagaimana merencanakan masa depan yang cerah. faktanya 90 % karyawan di Indonesia secara finansial tidak siap menghadapi masa tua saat pensiun kelak.
Kita wajib menghindari saat muda kerja keras banting tulang, lembur dengan gaji pas-pasan, sedangkan saat sudah tua sakit-sakitan dan sengsara karena tidak punya apa-apa.
Mulai sekarang kita mesti melakukan ini, 4 tips merencanakan masa depan yang cerah:

1. Miliki Investasi sedini mungkin.
Saat kita memiliki pemasukan dari gaji, sisihkan sebagian untuk berinvestasi. Jangan ikuti gaya hidup yang justru pemborosan, seperti membeli smartphone keluaran terbaru, atau ambil kredit motor sport hanya untuk dibilang keren.
Semakin dini atau saat masih berusia muda kita memulai untuk investasi, semakin bagus. Carilah info investasi apa saja yang cocok untuk kita, apalagi orang muda biasanya belum melek investasi.

2. Berani Action.
Sebagian karyawan biasanya merasa mengalami stagnansi dalam karirnya, mendapatkan gaji yang tidak seberapa, dan kesulitan untuk naik jabatan. Namun yang dilakukan hanya diam tidak melakukan apa-apa, atau kalaupun melakukan sesuatu hanya mengeluh dan melamun.
Lakukan sesuatu, jika ingin naik gaji maka mintalah itu kepada bos yang tentu saja harus dibarengi dengan kompetensi kita, apakah kita sudah pantas dengan gaji segitu?.
Jika sudah diminta dan kompetensi kita memang lebih baik, namun bos tidak mengabulkan. Tegaslah untuk resign dan mencari pekerjaan yang lebih baik, atau melailah untuk berwirausaha, mulailah untuk berinvestasi.

3. Terus belajar dalam skill & pengembangan diri.
Kenapa kita tidak tahu atau bingung apa itu investasi, atau kenapa kita tidak berani take action. Karena kita tidak mempelajarinya. Skill dan kreativitas kitalah yang membuat kita bisa hidup lebih sejahtera di masa-masa mendatang.
Maka selalu terus asah skill dan kreativitas kita dengan belajar, jangan kita tenggelam dalam zona nyaman yang melenakan. Isi waktu-waktu luang kita dengan hal-hal yang positif yang membuat kita semakin bertumbuh. Jangan habiskan waktu luang dengan hal-hal yang remeh dan gak penting, atau jangan-jangan waktu prima kita justru memang dihabiskan untuk kegiatan yang tidak produktif?
Stop, saat ini juga belajarlah untuk mengasah skill, penguatan kemampuan kreativitas untuk merubah nasib yang lebih baik di masa depan.

4. Temukan skill yang merupakan passion anda dan fokus penguatan di situ.
Jika anda sudah menemukan skill anda yang merupakan passion anda selama ini, pupuk terus skill tersebut. Daripada anda belajar hal baru mulai dari nol, lebih baik mempelajari sesuatu yang sudah anda pahami sebagian, sehingga jauh lebih mudah dan lebih cepat mahir. Jangan tergoda dulu untuk mempelajari lainya, tetap fokus untuk asah terus skill anda saat ini.
Belilah minimal 1 buku tiap bulan yang berhubungan dengan passion anda, baca, pelajari dan terapkan sedikit demi sedikit. Ikutilah komunitas-komunitas yang berhubungan dengan skill passion anda agar bisa saling sharing mempelajari apa yang belum kita ketahui. Jika punya budget lebih, ikutilah seminar-seminar tentang investasi, pengembangan diri, atau workshop yang mengasah skill & kreativitas anda.

0 Response to "4 Tips jitu menggapai masa depan yang cerah."

Post a Comment