Tips bikin CV yang menarik, dan membuat HRD tak sanggup menolak anda.

Tips bikin CV yang menarik, dan membuat HRD tak sanggup menolak anda.
Tips bikin CV yang menarik, dan membuat HRD tak sanggup menolak anda.
Anda berniat untu melamar kerja, pasti akan juga membuat CV (Curriculum Vitae) alias daftar riwayat hidup terlebih dahulu. Jika Anda butuh inspirasi atau masukan untuk bikin daftar riwayat hidup agar Anda bisa diterima kerja, teruskan baca artikel ini.

CV atau Curriculum Vitae berarti daftar riwayat hidup, atau biasa disebut juga resume. Sesuai dengan namanya, maka CV berupa info data diri yang berkaitan dengan hal yang penting dan patut diketahui oleh orang yang dituju. CV yang diajukan ke institusi atau perusahaan untuk melamar kerja akan dinilai menurut isinya. Tapi, sebagian orang hanya fokus pada isi CV yang formal tanpa mempertimbangkan daya tarik dari CV yang dibuat.

Para pencari/ pelamar kerja yang sudah sering kirim CV ke perusahaan-perusahaan, tapi satu pun tidak ada yang berhasil. Sepertinya ada yang salah pada CV tersebut. Karena setiap kali kita  melamar dan menaruh CV, berapa orang juga melakukan hal yang sama dan berharap kalau CV mereka juga diterima. Sedangkan posisi yang dibutuhkan hanya satu atau dua orang. Untuk mendapatkan jabatan yang terbatas itu, kita harus bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan orang.

Kuncinya, CV yang Anda buat harus menarik, kalau bisa, bikin orang HRD perusahaan itu terkesima dan tak sanggup untuk menolak anda.

Berikut ini tips bikin CV atau daftar riwayat hidup untuk lamaran kerja yang menarik HRD:

1. CV atau resume harus jelas dan efektif.
Jangan sampai isinya sampai berlembar-lembar dan menjelaskan hal yang tidak penting buat perusahaan yang dituju. Jika anda membuat CV yang seperti itu, yang ada HRD perusahaan itu bosan dan sama sekali tidak melirik kelebihan Anda.

2. Desain yang menarik.
Sering kali, CV kita ditolak karena konten dan desain CV yang dibuat tidak menarik atau nggak eye catching. Walaupun secara isi, CV bagus bagus, latar pendidikan tinggi, dan pengalaman kepanitiaan yang oke banget, tetapi CV Anda akan terlihat sama dengan pelamar-pelamar lainnya yang mungkin belum tentu punya kemampuan lebih dibanding Anda. Sehingga, CV yang menarik perlu diutamakan.

3. Keluar dari gaya mainstream dan jadilah unik.
Jika Anda tidak jago dan sudah mati-matian mengupayakan CV yang menarik tapi gagal. Jangan khawatir. Menarik tidak mesti bagus dan berwarna. Kalau biasanya CV dibuat formal dan kaku, terus berurutan banget, sampai pengalaman organisasi dan riwayat pendidikan pun dikasih kolom-kolom. Sepertinya itu jadul banget, ya, sebelum job seeker membludak seperti sekarang.

Kalau sekarang Anda masih pakai fomat CV seperti itu, HRD pasti malas baca CV kamu. Nah, kuncinya Anda bisa mengatur tata letak tulisanmu, asal jangan sampai acak-acakan saja.  Tata letak yang baik akan membuat format CV berbeda walaupun isi dan kontennya sama saja. Selain itu, tata letak bisa mengoptimalkan jumlah halaman yang akan Anda pakai.

Kalau Anda ingin bekerja di bidang desain grafis, CV akan menjadi nilai jual yang lumayan banget. Caranya, Anda bisa desain sendiri CV yang menarik dan sesuka hati Anda. Bisa juga pilih warna dan desain yang menarik agar terlihat berbeda.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang ampuh agar CV Anda bisa dilirik oleh HRD. Kalau CV menarik dan kreatif, itu akan menjadi perkenalan pertama Anda dengan perusahaan. Perusahaan tersebut akan menyangka bahwa Anda tipe orang yang kreatif dan punya banyak ide. Untuk membuat CV dengan desain, jangan yang terlalu meriah, karena bisa kelihatan norak. Cukup yang sederhana, tapi menarik perhatian. Bisa juga pakai desain yang sangat sederhana seperti kartu undangan.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan gambar grafik sebagai suatu tolak ukur kemampuanmu. Dengan begitu, selain CV terlihat lebih menarik. Perusahaan yang dituju akan cepat tangkap dan memahami besaran kemampuanmu. Seperti yang banyak dikatakan orang-orang, "gambar lebih mudah diingat dibandingkan tulisan."

1 Response to "Tips bikin CV yang menarik, dan membuat HRD tak sanggup menolak anda."

  1. benar sekali gan tips yang anda berikan di atas tentang CV, jika ingin atau masih kurang tipsnya silahkan kunjungi blog panduan karir disana dijabarkan tentang dunia karir termasuk contoh cv (daftar riwayat hidup) yang bisa di jadikan referensi buat yang lagi kerja terutama fresh graduate.

    ReplyDelete